Memberi Nomor Halaman/Lembar Kerja Microsoft Word (Page Numbering)

Menandai halaman supaya kita lebih mudah dalam menyusun file adalah tujuan utama kita memberi penomoran pada lembar kerja microsoft word. Penomoran biasanya dirujuk pada bagian atas (Header) Maupun pada bagian bawah halaman (Footer).

Pemberian Nomor halaman


Pemberian Nomor halaman biasanya disertai dengan infromasi si penulis ataupun catatan kaki lainnya, semisal tentang judul buku, ataupun makalah yang sedang dibuat menggunakan microsoft word.

Melalui menu Insert anda dapat menyisipkan Nomor pada setiap halaman word, bahkan letaknya bisa kita atur sesuai dengan keinginan anda. kita dapat menempatkannya dibagian atas halaman (Left/Center/Right) ataupun dibagian bawah Page. 

Nomor yang terdapat pada halaman bisa kita buat secara otomatis dengan memanfaatkan Fitur Hearder & Footer seperti ini

Nomor yang terdapat pada halaman
  1. Dengan memindahkan tab menu pada Menu Insert
  2. Didalam Menu-menu Microsoft word hanya menu insert yang dapat kita manfaatkan untuk memberi format page number pada halaman.
  3. Alihkan pandangan kalian pada grub menu Header & Footer, silahkan anda klik pilih sosisi penomoran yang akan anda kenakan pada halaman dokumen anda.
  4. Seusai anda memilih posisi untuk meletakkan Nomor halaman, Klik Close header & Footer 
  5. Penanda sudah terpasangan secara otomatis disetiap halaman word.

Alhamdulillah telah selesai pemberian nomor pada lembar kerja word, Namun apakah kita bisa mengubah penomoran halaman menggunakan huruf Romawi ?

Tentu saja bisa, didalam Microsoft word terdapat semua kebutuhan yang anda butuhkan dalam mengolah kata. Bahkan untuk memberi penomoran halaman menggunakan huruf Romawi sekalipun.

Masih didalam Tab menu Insert, jika tadi kalian sudah menentukan posisi dimana akan diberikan Numbering atau Penomoran halaman Kali ini Mari saya pandu Cara Memberi Penomoran halaman menggunakan huruf Romawi pada Word.
    Header dan Footer
  1. Klik sekali lagi Page Number yang ada pada Grub Menu Header dan Footer
  2. Pilihlah Format Page Number 
  3. Pada Format Number silahkan anda scrole ke bawah disitu ada jenis Angka Romawi yang anda inginkan
  4. Seleski nomor tersebut klik oke untuk menyetujuinya









Sudah secara otomatis page Number Romawi yang anda butuhkan akan muntul pada tiap halaman yang anda buat bahkan tidak perlu kita mengurutkannya karna secara otomatis akan mengurutkanya dengan tepat.

Bagaimana ya caranya memberikan Nomor halaman 3 pada page yang paling pertama Microsoft word? Karena ada tugas makalah dan saya membuatnya menggunakan Microsoft word mengaharuskan penomoran harus berawal dari angka 3 ? 

Memang terkadang permitanaan dari guru itu memberikan pelajaran berharga bagi kita, mari saya beri solusi tentang penomoran yang harus diawali dengan angka tertentu sesuai dengan keinginan anda.

  1. Kembali pada Format Page Number
  2. Nah pada bagian Page Numbering anda pilih Start at 
  3. Kemudian silahkan anda msukkan angka 3 untuk memulai Penomoran menggunakan angka 3
  4. Selesai silahkan anda klik oke menyetujuinya

Selamat penomoran sesuai dengan yang anda mau sudah terlaksana secara otomatis dengan Memanfaatkan Fiture Header dan footer yang ada pada Microsoft word.

Catatan : 

Jika ingin membatalkan saat memberi penomoran halaman atau menghapusnya anda bisa melakukannya dengan 

1. Kembali pada Tab Menu Insert 
2. Kemudian page number
3. Klik remove page Number



EmoticonEmoticon