Panduan Cara Membuat Daftar isi otomatis menggunakan Microsoft word

Untuk memudahkan para pembaca, penulis biasanya memberikan poin informasi mengenai buku berupa daftar isi.  Didalamnya terdapat urutan judul dari setiap bab disertai dengan Nomorhalaman dari bab dalam buku atau penulisan tersebut.

Tujuan dari pembuatan daftar isi

Tujuan dari pembuatan daftar isi tidak lain supaya pembaca lebih mudah ketika akan mencari poin/judul penulisan tanpa harus mencari satu persatu dari buku tersebut Tentunya sangat membantu para pembaca dalam mencari ataupun menandai bacaan yang telah ia baca pada tulisan ataupun buku tersebut.

Penting bagi kita saat membuat makalah Mencantumkan Daftar isi guna mempermudah pembaca, selain itu pemberian daftar isi dimaksutkan sebagai syarat utama dalam sebuah makalah.

Saya telah Membuat makalah Menggunakan Aplikasi Microsoftword, Lalu ketika Saya Membuat Daftar isi letak dan posisi nomor tidak dapat sejajar dengan rapi, Lalu bagaimana cara Membuat Daftar isi secara otomatis dan juga rapi ?

Memang kita dapat membuat daftar isi secara manual mengetik satu persatu, namun hasilnya tidak maksimal bahkan malah berantakan. Padahal kita dapat membuat daftar isi otomatis  dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi microsoft word.

Mari saya pandu dalam pembuatan daftar isi secara otomatis dengan hasil yang lebih Rapi

Namun sebelum itu silahkan anda persiapkan judul setiap bab yang akan anda gunakan sebagai pemberi informasi pada daftar isi, seperti ini contohnya daftar isi yang baik dan benar. Silahkan anda buat sesuai judul dari setiap bab pada makalah anda, susunan seperti ini


Daftar isi
Kata pengantar
Daftar isi
Bab I pendahuluan
  • Latar belakang
  • Rumusan masalah
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
Bab II tinjauan pustaka dan kerangka berfikir
  • Tinjauan pustaka
  • Kerangka berpikir
 Bab III Pembahasan Hasil Penelitian
  • Kesalahan fonologi
  • Kesalahan morfologi 
  • Kesalahan sintaksis 
  • Kesalahan leksikon

Bab IV Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan
Saran
Daftar pustaka 



Tutorial Membuat Daftar isi otomatis pada halaman Microsoft word

  1. Seleksi semua kecuali pada Kata “Daftar isi”
  2. Kemudian Double Klik pada Batas rulers seperti ini
    Daftar isi otomatis
  3. Maka akan muncul Popup Tabs, bersungsi sebagai penentu batas dari Penomoran atur sesuai kebutuhan anda
    muncul Popup Tabs
  4. Setelah anda selesai silahkan anda setujui untuk memberi tabs otomatis menggunakan titik, streps, ataupun garis bawah, namun agar sesuai dengan tuntunan guru gunakan titik titik saja.
  5. tahap terakhir tinggal anda tekan tombol tab untuk membuat titik titik supaya rata pada bagian sebelah kanan, Tapi ketika anda menekan tombol tab posisi cursor harus berapa pada akhir kalimat.
memberi tabs otomatis

Buat Seperti ini
pembuatan daftar isi



Selesai pembuatan daftar isi telah siap disajikan dalam makalah yang sedang anda kerjakan, Selanjutnya silahkan anda kembangkan sendiri guna lebih mahir dalam mengoprasikan microsoft office word.

Catatan :
Untuk pemberian Nomor tidak bisa secara otomatis, karena disetiap makalah terdapat banyak sekali perbedaan, mulai dari tema makalah, isi makalah, dan jumlah lembah halaman dari makalah itu sendiri. Maka dari itu untuk penomoran silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.


1 comments:

ini manual gan
cuma titiknya yg otomatis


EmoticonEmoticon