Cara membuat Kop Surat Otomatis Pada Lembar kerja Microsoft Word

Persayaratan utama dari surat resmi

Persayaratan utama dari surat resmi adalah adanya kop surat didalamnya, Kepala surat ini berguna untuk memberi informasi mengenai lembaga pengirim surat tersebut. Karena tergolong kedalam surat resmi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar lembaga pengirim surat tersebut dapat dikenali oleh penerima, diantaranya harus ada nama Lembaga, Logo, alamat, nomor telephone, dan kode post dari lembaga tersebut.

Dalam membuat Rurat Resmi aturan-aturan tersebut telah ditetapkan oleh kamus besar bahasa indonesia (KKBI) dan penulisannya wajib sesuai dengan Ejaan yang disempurnakan (EYD)

Untuk itu perlu anda ketahui cara membuat Kop surat menggunakan fiture Header pada microsoft word, agar penulisan surat dapat sesuai dengan EYD. Program pengolah kata yang satu ini memang diperuntuhkan untuk keperluan kantor salah satunya dalam membuat surat menyurat. 

Pembuatan Kop surat mengunakan fiture Header sangat mempermudah kita dalam membuat kop surat secara otomatis, sebab dengan menggukan Header kop surat anda akan berkelanjutan secara otomatis pada lembar selanjutnya.

Fungsi utama Header dan Footer adalah sebagai catatan kaki atupun tulisan yang ada bagian atas atau bawah sebuah dokumen yang akan selalu muncul terus menerus pada halam selanjutnya. Namun kali ini kita akan memanfaatkan fiture Header untuk membuat kop surat.

Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot membuat kop surat secara manual dengan mengetik satu persatu kop surat yang anda akan gunakan.


Tahap membuat kop surat menggunakan microsoft word sangat mudah


  1. Pertama anda install dan buka program aplikasi Microsoft Office Word yang ada pada komputer anda, pada tampilan awal lembar kerja microsoft word akan tampak garis tepi atau batas penulisan dalam sebuah kertas, namun jika belum ada silahkan adan tampilkan dengan cara membuka office Buttom
  2. Kemudian arahkan tab Menu anda kedalam menu insert
  3. Alihkan pandangan anda pada Header & Footer
  4. Karna kita kali ini akan menggunakan fiture Header silahkan anda klik header Atau Double Klik pada Bagian atas Lembar kerja ms word anda, maka secara otomatis akan muncul header yang akan kita gunakan
    klik header
  5. Silahkan anda tulis nama lembaga beserta perangkat kop surat lainnya
  6. Dan untuk pembuatan Garis bawah tebal pada bagian bawah sebelumnya silahkan anda beri jarak 1 baris kemudian silahkan anda masuk pada menu Page Layout > Page Border kemudian atur seperti ini
    Membuat Kop surat
  7. Jangan lupa untuk menyisipkan logo lembaga anda
  8. Jika sudah selesai silahkan anda double klik pada bagian bawah kop surat
Membuat Kop surat

Selamat kop surat anda sudah jadi, Selesai Membuat Kop surat silahkan anda tambahkan apa isi surat yang diingan oleh lembaga anda. dan catatan sekali lagi Kop surat yang anda buat akan berkelanjutan pada lembar selanjutnya, jika anda ingin membuat kop surat hanya dibagian lembar pertama saja beri centang pada Diference First Page


EmoticonEmoticon