Panduan Cara Membuat/Menyisipkan Dan Mengatur Format Tabel di Dokumen Microsoft Word

Menambahkan Tabel kedalam Dokumen Microsoft Word

Menambahkan Kolom kedalam penulisan sebuah dokumen guna mempermudah penulis dalam mempresentasikan suatu hasil tertentu pada dokumenya. Selain itu Tabel dimaksutkan untuk mempersingkat penjelasan yang ingin disampaikan oleh si penulis kepada si pembaca.

Menambahkan Kolom

Seperti Tabel Mengenai harga Pasar suatu bahan pokok (Beras, Cabe, ataupun lainnya) didalam tabel tersebut tentunya tersedia Nomor, Nama Bahan, dan harga Pasar per kilogramnya.

Lalu bagaimana cara membuat tabel dengan Mudah?

Pakailah Aplikasi Microsoft Office Word, didalam situ terdapat fiture yang dapat kita manfaatkan guna membuat tabel serta melakukan Format terhadap tebel tersebut sesuka hati. Dengan membuka tab menu insert kamu bisa memakai dan menambahkan tabel kedalam lembar kerja/dokumen yang akan kamu presentasikan menggunakan tabel.

Mari saya Pandu Membuat tabel dengan Mudah menggunakan Microsoft Word

Setelah anda tahu apa fungsi dari tabel mari kita lanjut membuat tabel pada lembar kerja microsoft word, kolom dan baris tabel bisa anda sisipkan pada dokumen yang anda buat di microsoft word. Misal anda ingin menyisipkan tabel tersebut diantara pragraf anda tinggal melakukan step by step berikut ini.

Pindahlah pada Tab Menu insert (Poin01) didalam menu tersebut terdapat banyak sekali bentuk atau format yang dapat ditambahkan, seprti gambar, berbagai bentuk bidang, icon, dan termasuk juga Tabel. Untuk menyisipkan tabel Klik Icon Table pada grub menu Table (Poin02) Kemudian Tentukan Berapa Table yang akan anda buat ke dalam dokumen tersebut. (Poin03) disini saya memberikan Excample 3 Kolom dan 3 Baris dan hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Belajar Mengatur Format Tabel Pada Microsoft Word

Silahkan anda kondisikan sesuai dengan keinginan anda, jika ingin menambah Table (Poin04) silahkan masuk pada tab menu Layout yang akan muncul secara otomatis ketika sudah menambahkan table ke dalam lembar kerja word. Untuk menyesuaikan betuk Tabel Drak and Drop menggunakan Kursor.

Tabel Juga diberi Warna, ubah format wana dari tabel yang anda buat tadi (Poin05) semisal Disini saya memberi warna pada Bagian Judul dengan warna Hijau. Untuk dapat menyatukan beberapa Kolom Menjadi 1 Kolom gunakan Menu Marge Cell (Poin06) seleksi beberapa kolom table yang ingin anda satukan kemudian tekan icon marge cell. Kini saya akan memberi warna dan mengatur ketebalan dari garis tabel, pilih fiture Shading dan Border.


Jika anda merasa tabel yang digunakan kelebihan satu kolom mendatar silahkan anda seleksi kolom tersebut pilih delete (Poin07) pilih sesuai apa yang anda ingin hapus pada tabel tersebut. Selesai semua saatnya memberi Teks didalam tabel tersebut, pindahkan kursor kedalam tabel yang ingin dibersi tulisan.



EmoticonEmoticon